Take a fresh look at your lifestyle.

Polres oku selatan menggelar apel deklarasi pilkades

0

Muaradua- Polres OKU Selatan Polda SUMSEL, menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten OKU Selatan pada 4 Mei 2023 mendatang, ratusan calon kepala desa mengikuti deklarasi Pilkades damai.

Deklarasi digelar di halaman Mapolres OKU Selatan di Gunung Pasir, Kecamatan Buay Sandang Aji (BSA), pada Kamis (27/04/2023), yang dipimpin langsung oleh Bupati OKU Selatan Popo Ali, B.Commerce.

Kegiatan yang diawali dengan apel bersama juga dihadiri Kapolres OKU Selatan AKBP Indra Arya Yudha, S.H., S.I.K., M.H., Dandim 0403 OKU yang diwakili oleh Kasdim Mayor CZI Agus Supriadi S.Ag, Kajari OKU Selatan Dr. Adi Purnama, SH.,MH, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Hendri Agustian, SH, M.Hum, Ketua DPRD Kab. OKU Selatan Heri Martadinata, SE dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab OKU Selatan.

Penandatanganan deklarasi damai ini dilakukan guna memperkuat komitmen para calon kepala desa untuk mengikuti pemilihan kepala desa dengan aman dan tertib yang akan diawasi oleh personel kepolisian dan TNI di masing-masing desa.

Ada sebanyak 249 calon kepala desa yang akan ikut Pilkades di 82 desa dari 19 kecamatan dalam wilayah kabupaten OKU Selatan. Sebelum ditetapkan sebagai calon kepala desa, para Cakades telah mengikuti seleksi administrasi yang dilakukan oleh panitia pemilihan.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali pada kesempatan ini mengatakan, pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak dilakukan berdasarkan pasal 31, UU RI nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan PP RI nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU RI nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

“Untuk itu diminta kepada seluruh calon kepala desa, panitia pelaksana agar mentaati petunjuk yang telah diatur dalam Permendagri nomor 72 tahun 2020”, ungkapnya

Related Posts
1 of 355

Selain itu Bupati juga meminta, Camat dimasing-masing wilayah untuk selalu memberikan pembinaan kepada panitia Pilkades, melaksanakan pengawasan terhadap jalannya setiap tahapan pilkades di wilayahnya masing-masing.

“Dalam kegiatan ini semua pihak yang terkait, TNI dan Polri yang melaksanakan pengamanan pilkades kami harap dapat mengerahkan segenap kekuatannya dalam pengamanan pilkades di Kabupaten OKU Selatan”, pungkasnya

Sementara itu Kapolres OKU Selatan AKBP Indra Arya Yudha pada kesempatan ini, mengingatkan para calon kepala desa untuk menjaga sportivitas dan tidak menimbulkan kerusuhan maupun aksi keributan yang memecah belah persatuan antar warga di desa.

“Kepada para calon kepala desa, kami himbau untuk membangun komunikasi dengan petugas Polri, agar terjalin keragaman dan koordinasi untuk mensukseskan pelaksanan Pilkades serentak di kabupaten OKU Selatan”, himbau Kapolres

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, jajaran Kepolisian khususnya Polres OKU Selatan siap menindaklanjuti segala bentuk pelanggaran dan tindak pidan lainya yang terjadi di pemilihan kepala desa serentak 2023.

“Untuk kelancaran pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah hukum Polres OKU, semua personel Polres OKU Selatan sudah kita siapkan dan dibantu oleh BKO Brimob Polda Sumsel”, ungkap Kapolres

Selain itu Kapolres juga berharap peran serta semua pihak dalam menjaga stabilitas kamtibmas di kabupaten OKU Selatan selama rangkaian kegiatan Pilkades serentak tetap terjaga.

“Peran serta semua pihak sangat kami butuhkan, guna menjaga situasi keamanan Pilkades serentak di OKU Selatan”, pungkasnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.